Kami akan berbagi ilmu dengan menuangkan pengalaman, ide, tips, dan strategi menuju raksasa kesuksesan. 1001 lebih artikel modal ilmuku akan kami siapkan dan siap kami update untuk anda baca. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat buat kita semua.

Jumat, 03 Oktober 2014

Rahasia Ilmu Scan Dokumen dan Penerapannya



Ilmu ini Saya ambil saat Saya bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang distributor Scanner, bukan sebagai promosi atas gambar, pembaca dapat bebas memilih merek scanner. Adapun rahasia ilmu itu adalah terdapatnya fasilitas aplikasi yang di sebut sebagai OCR ( Optical Character Recognition ) adalah aplikasi yang berfungsi men Scan gambar pada image dan menjadikan image tersebut menjadi text dan bahkan dalam bentuk word.
Dengan adanya OCR image yang bertuliskan tangan, mesin ketik atau komputer teks maka akan di manipulasi digital dalam bentuk text. Jadi jika anda ingin mengedit tulisan dalam bentuk image anda tinggal menscan dokumen tersebut dan manipulasikan image tersebut dengan aplikasi OCR. Tidak hanya itu, adanya aplikasi OCR membuat hasil scan pdf anda menjadi searchable pdf dimana terdapatnya layer teks di dalam file pdf anda yang berfungsi untuk mencari suatu kata dalam file tersebut, bayangkan jika yang anda cari itu adalah satu kata dalam ratusan halaman.

Bagaimanakah cara agar hasil Scan dokumen saya optimal?

  1. Pilih jenis Scanner menurut kebutuhan,  untuk buku ada Scanner buku, untuk desain grafis sebaiknya pilih Scanner dengan resolusi 1600 dpi, untuk lembaran kertas yang banyak pilih Scanner yang ADF (Automatic Dokumen Feeder), untuk perkantoran ada Scanner jaringan dan juga Scanner business card dan untuk sekolah ada Scanner periksa nilai.
  2. Tentukan tujuan kebutuhan dalam menscan dokumen anda, jika tujuan nya untuk mengirim email maka sebaik nya anda pilih resolusi 72 sampai 150 dpi agar ukuran file anda tidak terlalu besar. Jika tujuannya adalah untuk cetak kembali maka pilihlah resolusi 300 dpi dimana resolusi tersebut merupakan 1:1 yaitu akan sama jika anda cetak kembali
  3. Tentukan format hasil scan (pdf, jpg, dan ada beberapa scanner hasil outputnya bisa lsg di realisasikan ke dalam aplikasi bahkan ke word sekalipun
Pembahasan pertama ini semoga menjadi manfaat untuk anda, modalilmuku akan mengupdate kembali untuk berbagi ide, ilmu, pengalaman yang positive dan bisa menjadikan para pembaca menjadi raksasa kesuksesan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar