Kami akan berbagi ilmu dengan menuangkan pengalaman, ide, tips, dan strategi menuju raksasa kesuksesan. 1001 lebih artikel modal ilmuku akan kami siapkan dan siap kami update untuk anda baca. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat buat kita semua.

Jumat, 03 Oktober 2014

Marketing di Kehidupanku




Disini Saya akan berbagi pengalaman saya dalam pekerjaan saya dahulu, Saya kuliah tahun 2006 namun Saya lulus tahun 2011 padahal Saya ambil Program Studi D3 yang semestinya Saya cukup menyelesaikan kuliah Saya hanya 5 semester saja, dimana saat itu IPK Saya berhak mengambil sampai dengan 24 sks dari total 112 sks. Saya pernah mengambil cuti 1 semester saat kuliah dahulu dan Saya pun pernah mengambil waktu kuliah malam 1 semester, karena faktor biaya Saya harus bekerja. Saat cuti kuliah itu Saya bekerja pada perusahaan distributor alat kesehatan kebetulan Saya di tempatkan dalam divisi RO (reverse osmosis) dan dari sinilah Saya memulai karier saya dan mengenal dunia marketting.
Pada perusahaan Saya bekerja dimana Saya ditempatkan sebagai konsultan product, perusahaan menargetkan Saya untuk menjual barang-barang dengan kisaran harga saat itu 5 – 30 juta.

Marketting adalah usaha seseorang atau perusahaan dalam memasarkan product nya dimana adanya proses komunikasi antara produk dengan konsumen. Salah satu proses nya adalah adanya konsultan product.

Konsep Pemasaran : kebutuhan, keinginan dan permintaan

Saat saya mendalami pekerjaan saya, saya pernah melihat mesin dari product dan sebenernya saya anggap itu biasa saja namun saat itu saya jual produk itu seharga 17 juta, Padahal ada saingan produk dengan harga hanya 500 rb saja, Bagaimana bisa? Itu terjadi karena proses marketting melalui konsep yang tepat. Jika saya simulasikan konsumen adalah bola strategi perusahaan tidak hanya menggiring bola itu tapi juga melakukan penjemputan bola. Saya bekerja tidak hanya pada satu tempat kadang 1 minggu sekali saya ada di event dimana even itu saya anggap saya menjemput bola karena perusahaan telah bekerja sama dengan bank dan hanya nasabah terpilih lah yang datang menemui saya untuk mengambil hadiah kecil dan tugas saya konsumen yang saya jemput dan kasih hadiah tidak boleh hanya mengambil hadiah. Adapun saat saya menggiring bola strategi yang saya gunakan adalah penawaran dengan nama yg unik dan membuat konsumen bertanya, saya contohkan “ Dispenser ajaibnya Pak/Bu tanpa galon?” dengan metode itu ternyata bnyak sekali konsumen yang terpikat datang ke stand saya, ketika konsumen melangkah ke stand anda jangan biarkan konsumen itu berdiri saja karena menurut pengalaman saya, konsumen yang berdiri akan cepat sekali meninggalkan stand, dan ketika konsumen itu telah duduk berikan kenyamanan  dan saat nya anda mengenalkan produk anda secara jujur karena kejujuran akan melahirkan kepercayaan dan jaringan konsumen pun akan anda dapatkan.



Dari cerita saya di atas dapat di asumsikan pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia, contoh manusia butuh air dan manusia pun ingin yang jelas product nya. Strategi marketting yang baik yaitu :
    1.   Dapat mengetahui pangsa pasar yaitu mengetahui konsumen potensial untuk membeli product kita. 
    2. Perusahaan atau penjual memiliki product knowledge yang lebih. 
    3.  Desain stand atau kemasan produk yang unik. 
    4. Penawaran Produk dengan kata unik.
Perusahaan Selanjutnya yaitu di bidang distributor makanan, kebetulan saat itu ada sesion lebaran, untuk mencukupi kuliah saya, saya harus mengambil kesempatan itu. Dalam Perusahaan ini tidak banyak saya mengambil ilmu karena saya bekerja hanya 2 bulan saja semua sudah disiapkan perusahaan dan tugas saya jangan sampai stok menjadi kosong.

Dan Selanjutnya sudah lulus ujian namun saya belum mendapatkan  ijazah dan juga belum wisuda, lagi-lagi karena faktor biaya, saya pun memutuskan untuk bekerja sebagai cust service di perusahaan percetakan  selama 3 bulan, saya tidak membahas jauh karena temanya adalah marketting. Dan Selanjutnya saya bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang distributor scanner, disini saya bekerja selama 3 tahun , saya sempat menjadi kepala toko namun hanya beberapa bulan saya menjabat, jabatan itu diturunkan karena kelalaian saya mengurus toko, saat itu 2 lampu mati dan saya belum sempat melapor. Di perusahaan ini banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, dari penggunaan scanner sebagai product knowledge dan bagaimana perusahaan memasarkannya. Jaringan adalah modal penting dalam dunia marketting, sebagai distributor tunggal perusahaan bekerja sama dengan toko lain yang menjadi master dealer dengan harga khusus yang diberikan perusahaan, selain itu perusahaan pun memiliki beberapa toko sendiri, harga selalu terjaga, promosi yang selalu update dan stok barang yang terjaga serta jaminan garansi yang terjamin, itu semua adalah modal dasar dalam pemasaran. Tidak hanya itu saya pun sering sekali mendatangi konsumen yang ingin di promosikan di dalam rumahnya, dan saya tidak pernah gagal dalam menjual nya. Sales merupakan ujung tombak dan bamper dari suatu perusahaan dimana sales sebagai garis depan penjualan dan promosi serta garis depan dalam menghadapi konsumen yang complain, untuk menjadi seorang sales yang sukses, di butuhkan persiapan alat- alat perang yaitu product knowledge, File dan alat pembuktian tentang keunggulan produk, kerapian dan keterampilan berkomunikasi menjadi dasar kepercayaan konsumen.




Dan terakhir saya bekerja di perbankan terbesar dan inilah akhir cerita marketting di kehidupanku. Setiap Perusahaan memiliki strategi masing-masing bahkan menurut saya seorang dokter atau kita pun adalah seorang marketting. Setiap orang dan profesi di bebankan untuk dapat menjual ilmunya. Seorang dokter harus ramah dan banyak memberikan masukan kesehatan kepada konsumennya agar banyak pasien yang datang, dan untuk dapat bekerja pun kita harus dapat menjual ijazah kita. Semoga menjadi manfaat untuk para pembaca dan menjadi refrensi demi tercapainya raksasa kesuksesan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar