Disini Saya akan berbagi pengalaman saya dalam pekerjaan
saya dahulu, Saya kuliah tahun 2006 namun Saya lulus tahun 2011 padahal Saya
ambil Program Studi D3 yang semestinya Saya cukup menyelesaikan kuliah Saya
hanya 5 semester saja, dimana saat itu IPK Saya berhak mengambil sampai dengan
24 sks dari total 112 sks. Saya pernah mengambil cuti 1 semester saat kuliah
dahulu dan Saya pun pernah mengambil waktu kuliah malam 1 semester, karena
faktor biaya Saya harus bekerja. Saat cuti kuliah itu Saya bekerja pada perusahaan
distributor alat kesehatan kebetulan Saya di tempatkan dalam divisi RO (reverse
osmosis) dan dari sinilah Saya memulai karier saya dan mengenal dunia marketting.
Pada perusahaan Saya bekerja dimana Saya ditempatkan sebagai konsultan product, perusahaan menargetkan Saya untuk menjual barang-barang dengan kisaran harga saat itu 5 – 30 juta.
Pada perusahaan Saya bekerja dimana Saya ditempatkan sebagai konsultan product, perusahaan menargetkan Saya untuk menjual barang-barang dengan kisaran harga saat itu 5 – 30 juta.
Marketting adalah usaha seseorang atau perusahaan dalam
memasarkan product nya dimana adanya proses komunikasi antara produk dengan
konsumen. Salah satu proses nya adalah adanya konsultan product.
Konsep Pemasaran : kebutuhan, keinginan dan permintaan
Saat saya mendalami pekerjaan saya, saya pernah melihat
mesin dari product dan sebenernya saya anggap itu biasa saja namun saat itu
saya jual produk itu seharga 17 juta, Padahal ada saingan produk dengan harga
hanya 500 rb saja, Bagaimana bisa? Itu terjadi karena proses marketting melalui
konsep yang tepat. Jika saya simulasikan konsumen adalah bola strategi
perusahaan tidak hanya menggiring bola itu tapi juga melakukan penjemputan
bola. Saya bekerja tidak hanya pada satu tempat kadang 1 minggu sekali saya ada
di event dimana even itu saya anggap saya menjemput bola karena perusahaan
telah bekerja sama dengan bank dan hanya nasabah terpilih lah yang datang
menemui saya untuk mengambil hadiah kecil dan tugas saya konsumen yang saya
jemput dan kasih hadiah tidak boleh hanya mengambil hadiah. Adapun saat saya
menggiring bola strategi yang saya gunakan adalah penawaran dengan nama yg unik
dan membuat konsumen bertanya, saya contohkan “ Dispenser ajaibnya Pak/Bu tanpa
galon?” dengan metode itu ternyata bnyak sekali konsumen yang terpikat datang
ke stand saya, ketika konsumen melangkah ke stand anda jangan biarkan konsumen
itu berdiri saja karena menurut pengalaman saya, konsumen yang berdiri akan
cepat sekali meninggalkan stand, dan ketika konsumen itu telah duduk berikan
kenyamanan dan saat nya anda mengenalkan
produk anda secara jujur karena kejujuran akan melahirkan kepercayaan dan
jaringan konsumen pun akan anda dapatkan.
Dari cerita saya di atas dapat di asumsikan pemasaran
dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi
keinginan manusia, contoh manusia butuh air dan manusia pun ingin yang jelas
product nya. Strategi marketting yang baik yaitu :
- Dapat mengetahui pangsa pasar yaitu mengetahui konsumen potensial untuk membeli product kita.
- Perusahaan atau penjual memiliki product knowledge yang lebih.
- Desain stand atau kemasan produk yang unik.
- Penawaran Produk dengan kata unik.
Perusahaan Selanjutnya yaitu di bidang distributor makanan,
kebetulan saat itu ada sesion lebaran, untuk mencukupi kuliah saya, saya harus
mengambil kesempatan itu. Dalam Perusahaan ini tidak banyak saya mengambil ilmu
karena saya bekerja hanya 2 bulan saja semua sudah disiapkan perusahaan dan
tugas saya jangan sampai stok menjadi kosong.
Dan Selanjutnya sudah lulus ujian namun saya belum
mendapatkan ijazah dan juga belum wisuda,
lagi-lagi karena faktor biaya, saya pun memutuskan untuk bekerja sebagai cust
service di perusahaan percetakan selama
3 bulan, saya tidak membahas jauh karena temanya adalah marketting. Dan
Selanjutnya saya bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang distributor
scanner, disini saya bekerja selama 3 tahun , saya sempat menjadi kepala toko
namun hanya beberapa bulan saya menjabat, jabatan itu diturunkan karena
kelalaian saya mengurus toko, saat itu 2 lampu mati dan saya belum sempat
melapor. Di perusahaan ini banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, dari
penggunaan scanner sebagai product knowledge dan bagaimana perusahaan
memasarkannya. Jaringan adalah modal penting dalam dunia marketting, sebagai
distributor tunggal perusahaan bekerja sama dengan toko lain yang menjadi
master dealer dengan harga khusus yang diberikan perusahaan, selain itu
perusahaan pun memiliki beberapa toko sendiri, harga selalu terjaga, promosi
yang selalu update dan stok barang yang terjaga serta jaminan garansi yang
terjamin, itu semua adalah modal dasar dalam pemasaran. Tidak hanya itu saya
pun sering sekali mendatangi konsumen yang ingin di promosikan di dalam
rumahnya, dan saya tidak pernah gagal dalam menjual nya. Sales merupakan ujung
tombak dan bamper dari suatu perusahaan dimana sales sebagai garis depan penjualan
dan promosi serta garis depan dalam menghadapi konsumen yang complain, untuk
menjadi seorang sales yang sukses, di butuhkan persiapan alat- alat perang
yaitu product knowledge, File dan alat pembuktian tentang keunggulan produk,
kerapian dan keterampilan berkomunikasi menjadi dasar kepercayaan konsumen.
Dan terakhir saya bekerja di perbankan terbesar dan inilah
akhir cerita marketting di kehidupanku. Setiap Perusahaan memiliki strategi
masing-masing bahkan menurut saya seorang dokter atau kita pun adalah seorang
marketting. Setiap orang dan profesi di bebankan untuk dapat menjual ilmunya.
Seorang dokter harus ramah dan banyak memberikan masukan kesehatan kepada
konsumennya agar banyak pasien yang datang, dan untuk dapat bekerja pun kita
harus dapat menjual ijazah kita. Semoga menjadi manfaat untuk para pembaca dan
menjadi refrensi demi tercapainya raksasa kesuksesan.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar